Showing posts with label bahasa. Show all posts
Showing posts with label bahasa. Show all posts

Apa arti SUCH AS IT IS?

Pernah merasa kesulitan mengartikan sebuah kata dalam bahasa inggris? solusinya gampang, cari kamus buka, ketemu dan beres.
Akan tetapi jika sudah berbentuk idiom, aduh sulitnya setengah mati, mau cari ahli bahasa inggris di mana gak ada di sekitar kita. Karena mereka tidak semurah paracetamol yang bisa dengan mudah didapat di warung terdekat.
Kita bisa juga mendapatkan artinya dengan menggunakan kamus idiom, akan tetapi beli dimana ya? Ada juga di google playstore model-model kaya beginian akan tetapi transliterasinya bukan dalam bahasa indo, melainkan bahasa inggris juga.

Aku rindu padamu – in different language (jawa, mandarin, arabic, iraq, tussian, afgani, iranian, japanese

Mengungkapkan rasa cinta dan sayang tidak harus-harus menggunakan kata-kata, karena bahasa cinta itu tidak dibatasi oleh kata-kata saja, ia bisa terwakili dengan isyarat, pandangan penuh cinta, perhatian, hadiah dan sebagainya. Pernahkan kita berfikir bahwa ada orang yang setia menunggu cintanya (yang dirindui hatinya) lewat setiap hari, hanya cukup memandangnya saja ia sudah puas, merasa cukup dengan perbuatan bodoh yang itu saja. Tetapi jika seperti itu, tanpa interaksi memang sepertinya tidak cukup, perlu dibahasakan secara jelas kepada yang bersangkutan, bahwa ia diperhatikan. Tidak ada istilahnya rasa rindu itu bisa membubung ke angkasa mengendara angin lalu menghela dirinya bak kereta menujur peraduan kekasih yang dicinta. Minimal wujudkan rasa rindu itu via SMS sayang, BBM kalau ada, atau di inbokkan via sosial network lol, xD.

Conversation | Cara Menawar Harga Barang dalam Bahasa Inggris

Hari gini belum bisa bahasa Inggris? Waduh kasian bener ya? padahal di Internet ada banyak sekali cara untuk menambah skill bahasa Inggris dalam percakapan ataupun gramar secara gratis? salah satu caranya ialah dengan memasuki group-group learning english, atau Belajar Bahasa Inggris.
Berikut adalah contoh percakapan yang saya dapat dari postingan tentang conversation dalam hal tawar menawar harga dalam bahasa Inggris barang ketika belanja yang diposting oleh teman saya.

Belajar Bahasa Arab Konyol #humor #dagelan #joke yuk belajar bahasa arab!

Dari Pusat Humor Indonesia (PHI)- The
Official Groups :

ngebet kawin = udah ta' tahan
penyakit kulit = fanu di badaan
macet = lamma di jalaan
monyet = jumfalitan di dahaan
kurang penglihatan = matta lah
rabuun
gersang = dawun ta' rimbuun
stress = suka malamuun
gendut = parut lah tambun
kaya = duwit bajibuun
ingin ilmu pelet = minta' ka dukuun
ngga' bahenol lagi = fantat lah turuun
yang baca ini = anta majenuun
Jomblo = lamaa lakunaa
beol= alaan ta*naa
b.jo=anta kirdun
bahasa arabnya jomblo : masih karatan
habis makan: nikmatul udud ba'do madang
anak
kembar: mukassama

#tag humor joke arab bahasa indonesia konyol facebook PHI

Ucapan Hari Raya Idul fitri dalam Bahasa Jawa, halus dan kasar, Jawa ngapak (pesanan status)

Banyak bahasa diucapkan di dunia ini tetapi bahasa yang paling gampang dimengerti oleh seluruh bangsa, seluruh negara di dunia ialah bahasa senyuman.

versi halus / bahasa jawa krama:
Ngaturaken sugeng riyadi, sedoyo (sedaya)* lepat kawula nyuwun pangapunten.
artinya menghaturkan selamat hari raya, semua kesalahan saya, mohon dimaafkan.
)* khusus banyumas dibaca 'a'.
Diucapkan dengan halus, karena walau bahasa banyumasan (ngapak) terkenal kasar, tetap saja adat orang Jawa masih dipakai pada saat resmi dan sakral seperti ucapan Hari Raya Idul Fitri, bahasa yang diucapkan pun menggunakan anggah-ungguh kesopanan pada umumnya. Ucapan di atas juga bisa dipakai oleh penduduk jawa bagian Solo / Surakarta atau Yogyakarta, atau Semarangan, karena tidak ada bedanya ucapan bahasa jawa halus antara Banyumas dengan Solo.

Aku merindukanmu, mencintaimu dalam bahasa Jawa

Aku merindukanmu dalam bahasa jawa, aku mencintaimu dalam bahasa jawa, translate ke bahasa Jawa. Rindu adalah perasaan yang misterius, biasanya rindu tak mau berpisah dengan rasa cinta, atau bahkan rindu itu muncul karena cinta itu sendiri.
Ok marilah kita mulai saja proses transliterasi budaya ini: 
Sebelumya kita harus punya gambaran sedikit tentang grade of comparation dalam Java language alias bahasa Jawa. Ada beberapa tingkatan bahasa dalam bahasa Jawa, yakni:

Contoh Pidato sambutan bersifat formal di Hari Raya Idul Fitri edisi 1432 H / Lebaran 2011

Contoh Pidato sambutan untuk acara resmi peringatan Hari Raya Idul Fitri edisi 1432 H / Lebaran 2011

Berikut adalah contoh pidato formal mungkin bisa dipakai oleh anda bapak-bapak camat :p. Untuk mempersingkat waktu, bagian pembukaan pada contoh pidato sambutan hari raya idul fitri 1432 H nya
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

Alhamdulillah Washolatuwasalamu ngala rosulillah
    Errare Humanum Est
Manusia tempatnya khilaf dan salah, mungkin begitulah terjemahan dari ungkapan dalam bahasa latin tersebut di atas. Namun pada sisi yang lain manusia juga mahluk yang tertinggi derajatnya dibandingkan mahluk-mahluk lain. Itulah sebabnya manusia diberi kemampuan mekanisme untuk menghapuskan khilaf dan kesalahan dari memori otaknya. Atau dengan kata lain, saling memaafkan.
Hari raya Idul fitri adalah hari dimana kita bersama melupakan silang sengketa. Hari dimana kita dengan keberanian yang luar biasa mengakui kesalahan kita di depan sahabat, kerabat, ataupun orang-orang yang berseberangan dengan kita dalam banyak hal. Hari dimana dengan ketulusan luar biasa kita bisa memaafkan seseorang yang tadinya kita mengira tidak bisa meamaafkannya.
Maka dengan kejujuran, yang luar biasa itulah saya beserta keluarga meminta maaf, dan sikap pemaaf dari para hadir itulah yang sangat kita harapkan. Semoga setelah selepas sebulan kita umat muslim mengalami pendadaran, pensucian jiwa, kita bisa mencapai Target menjadi kembali ke fitrah kesucian manusia yang memang pada asalnya adalah bersih suci.
Demikian pidato sambutan singkat saya kali ini, akhirul kalam, wabillahi taufik wal hidayah minal aidzin wal faidzin, taqobalallohu minna waminkum amin

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

Apa arti sms "Wo Hen Xiang Ni, Qin Ai De" / Wo Hen Siang Ni dalam bahasa Indonesia?

Like to Learn Chinese More Easily?
Anyone can learn Chinese here with structured video courses

Hi, "wo hen xiang ni, qin ai de" (我很想你,亲爱的.) means "I miss you very much, darling!" in English. Dalam bahasa Indonesia: Aku Sangat rindu padamu kekasihku.

Here are some more details,
"wo" = "I", "hen" = "very much", "xiang" = "miss", "ni" = "you", and of course, "qin ai de" is "darling" in English. Semoga membantu. Maaf bahasanya campuran :p

* what is: wo ye hen ai ni / hen xing ni?
* what is the translation for Wo ai ni ,wo ye hen xiang nian ni!?
* What does "Wo Hen Ni, Xing" mean?
* What does wo hen ai ni la mean?
* How do we ask "I like you baby and miss you so much in chinesse

#tag learn course bahasa arti terjemah china english indonesia

 

Arti dari kata have a good sleep good nite

Namanya juga orang tanya ya boleh aja dong?
Mungkin kita mendapat sms ucapan selamat malam selamat beristirahat yang kurang paham maksudnya. Semisal have a good sleep yang artinya semoga anda tidur nyenyak. Sleep artinya tidur alias bubu.
Yang serupa adalah: have a good rest (rest artinya istirahat)

PEPELING (puisi dalam bahasa jawa artinya peringatan)

Wis wancine tansah dielingke
Wis wancine padha nindhakake
Adzan wus kumandang wayahe sembahyang
Netepi wajib dhawuhe Pangeran
Sholat dadi cagak ing agama
Limang wektu kudu tansah di jaga
Kanthi istiqhomah lan sing tuma'ninah
Luweh sampurna yen berjema'ah
Subuh luhur lan asyar
Sholat sayekti ngadohke tindhak mungkar
Magrib lan isyak jangkepe
Prayogane ditambah sholat sunate
Jo sembrono iku prentah agama
Ngelingana ning ndunyo mung sedelo
Sabar lan tawakal pasrah Sing Kuasa
Yen kepengen mbesok munggah suarga

#puisi poem jawa bahasa facebook

saat ini aku hanya ingin mengucapkan selamat tidur pakai bahasa jawa: #sugeng tilem, sugeng sare

katanya orang cerdas terlihat dari cara dia bertanya,
dan orang bijaksana terlihat dari cara dia menjawab

aku tidak ingin bertanya, tidak ingin menjawab, karena apa manfaatnya jika hanya 'terlihat' cerdas dan bijaksana
lebih jauh lagi, apa gunanya cerdas dan bijaksana jika tidak bisa bersanding denganmu? haha (error)

saat ini aku hanya ingin mengucapkan selamat tidur pakai bahasa jawa:

#sugeng tilem, sugeng sare

catatan: sugeng tilem untuk orang yang lebih muda

sugeng sare diucapkan untuk orang yang lebih tua